The Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD)
No. 002/IBCSD-Konsultan/VIII/2018
IDR. 117.000.000
Periode program: 16 April 2018 – 31 Desember 2018

Uraian

Desk study “Mendorong Pemanfaatan CSPO di Indonesia” bertujuan untuk memberikan analisa sebagai referensi untuk pemetaan aktor yang terlibat dalam rantai nilai kelapa sawit beserta pemangku kepentingan yang terkait. Selanjutnya, studi ini juga bertujuan untuk memberikan analisa yang bisa dijadikan landasan untuk pengembangan program yang dapat mengarusutamakan green lifestyle pada produk-produk berbasis kelapa sawit. Terdapat dua bagian utama dari tujuan studi dalam upaya mempromosikan gaya hidup hijau untuk konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab di indonesia menuju nol deforestasi, diantaranya:

  1. Identifikasi pemangku kepentingan: identifikasi aktor-aktor penting pada rantai nilai kelapa sawit yang mampu memberikan dampak signifikan untuk mendukung gaya hidup yang ramah lingkungan termasuk di dalamnya pemetaan rantai nilai dari produsen, refinery hingga retail. Selain itu, juga memetakan aktor pendukung lainnya yang berkontribusi dalam rantai nilai tersebut.
  2. Memetakan komitmen perusahaan dari refinery hingga retailer dalam pemanfaatan CSPO.

Pendukung Program

Program ini didukung oleh The Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD), dengan total dukungan dana sebesar IDR. 117.000.000