International Rhino Foundation

US$ 35,230
Periode program: 1 Juli 2018 – 15 November 2018

Uraian

Program yang tergabung dalam Yayasan Badak Indonesia (YABI) atau The Rhino Foundation of Indonesia memiliki visi terwujudnya kehidupan populasi badak Sumatera dan badak Jawa yang lestari dalam habitat yang aman secara berkelanjutan. ProgramYABI memiliki dan melanjutkan program yang dilaksanakan sebelumnya, yaitu program perlindungan badak di 3 (tiga) taman nasional di Sumatra dan Jawa, yaitu Program Perlindungan dan Pemuliaan dengan pendekatan semi eksitu Badak Sumatera di Taman Nasional Way Kambas, Program Perlindungan Taman Nasional Bukit Barisan, Provinsi Lampung, dan Taman Nasional Ujung Kulon di Provinsi Banten. Program-program dikembangkan berdasarkan kebutuhan untuk meningkatkan organisasi nirlaba fokus pengelolaan konservasi badak di Indonesia yang profesional dan bertanggung gugat.

YABI merasa penting melakukan kajian ulang atas tata kelola organisasi termasuk didalamnya legal entity yang melandasi organisasi berjalan dengan periode kedua 2014-2019. Dan, IRF sebagai donor yang memfasilitasi kurang lebih 95% progra YABI merasa penting untuk melakukan penilaian dengan memotret ulang terkait tata kelola, efektivitas, dan kemitraan yang telah berjalan selama kurang lebih 10 tahun dari program kerja yang disepakati bersama IRF.

Penilaian juga diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk perubahan konstruktif di masa mendatang, sehingga tata kelola dan efektivitas YABI akan lebih optimal, efektif, efisien dan bertanggung gugat dalam mencapai visi dan misi organisasi.

Penilaian YABI dilakukan oleh Penabulu dengan dukungan sepenuhnya dari IRF.

Pendukung Program

Program ini didukung oleh International Rhino Foundation, dengan total dukungan dana sebesar
US$ 35,230